Arti 7 KODE Dalam Kemasan Plastik yang Kamu Minum

Pada artikel kali ini Dokter Ayu akan membagikan tips kesehatan yang membahas tentang : “7 Kode yang Terdapat di Dalam Kemasan Plastik yang Harus Kamu Ketahui”. Sobat, saat kamu membeli minuman dalam kemasan, pernahkah kamu memperhatikan di bawah botol itu terdapat kode angka di dalam segitiga? Dan biasanya terdapat tulisan disana. Sebenarnya kode angka tersebut adalah kode angka untuk menunjukkan daur ulang dari jenis plastik tersebut. Sampai saat ini, ada 7 kode. Dan saya akan membahasnya satu per satu di artikel ini :

PETE (Polyethylene Terephthalate)

Jadi, kode yang pertama adalah kode daur ulang PETE. P-E-T-E jika saya Indonesiakan. Kepanjangannya adalah Polyethylene Terephthalate. Agak susah disebutkan. Jadi kamu bisa melihat tulisannya disini. Kode nomor satu ini biasa ditemukan pada kemasan botol plastik yang jernih, transparan atau tembus pandang. Contohnya seperti botol air mineral, botol jus, botol selai kacang, botol soda, dan hampir semua botol minuman lainnya. Botol jenis ini sebenarnya direkomendasikan only single use atau hanya satu kali pemakaian dan tidak boleh diisi kembali. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk diisi air hangat atau air panas. Mengapa? Karena hal ini akan mengakibatkan lapisan polymer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat ‘karsinogenik’ atau zat-zat yang memicu pertumbuhan sel kanker.

Dan tentunya hal ini akan terjadi apabila kamu menggunakannya dalam jangka panjang. Bagi para pekerja yang berhubungan dengan pengolahan limbah seperti PETE tadi, sebaiknya kamu mengikuti prosedur dari perusahaan. Ada safety work disana, ada prosedur keamanan kerja. Karena jika tidak, akan berbahaya pada kesehatan kamu. Terutama pada bagian reproduksi.

HDPE (High Density Polyethylene)

Lalu, kode daur ulang yang kedua adalah HDPE. Kepanjangannya adalah High Density Polyethylene. Kode daur ulang yang kedua ini biasa dipakai untuk produk botol susu, kemudian untuk yoghurt dan botol suplemen. Mungkin bagi kamu yang punya suplemen di rumah, bisa kamu lihat di bawah kemasan terdapat angka 2 disana dan segitiga. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena mampu mencegah reaksi kimia antara plastik HDPE dengan makanan atau minuman di dalamnya. Jadi, jenis ini lebih aman dibandingkan yang nomor satu tadi.

PVC (Polyvinyl Chloride)

Lalu kode daur ulang yang ketiga, yaitu PVC. Kepanjangannya adalah Polyvinyl Chloride. PVC bersifat stabil, kuat, tahan cuaca, dan memiliki ketahanan kimia yang baik. PVC sering digunakan untuk membuat bahan bangunan seperti pipa, dinding, bingkai jendela dan pagar. Namun sayangnya, bahan PVC ini tidak baik untuk kesehatan. Dan jika digunakan, dapat mengancam kesehatan. Dapat memicu terjadinya kanker. Jadi, bahan PVC ni tidak diperbolehkan atau tidak dipergunakan untuk wadah makanan atau botol minuman.

LDPE (Low Density Polyethylene)

Kemudian yang keempat. Yaitu logo daur ulang LDPE. Kepanjangannya adalah Low Density Polyethylene. Yaitu plastik tipe cokelat atau thermoplastic yang dibuat dari minyak bumi yang biasa dipakai untuk tempat makanan dan plastik kemasan. Bahan plastik ini sulit dihancurkan, tetapi dapat didaur ulang. Bahan ini baik untuk wadah makanan karena sulit untuk bereaksi secara kimia. Contohnya wadah wadah makanan dan makanan yang dikemas.

PP (Polypropylene)

Kemudian yang kelima. Yaitu logo daur ulang dengan angka lima atau PP, yaitu Polypropylene. PP adalah bahan yang baik untuk tempat makanan dan minuman. Jadi bagi kamu yang punya wadah kemasan yang memiiki angka 5, ini merupakan wadah terbaik untuk tempat makanan atau minuman. Dan biasanya digunakan pada gelas plastik, tutup botol, botol susu dan botol minuman, mainan anak-anak dan sebagainya. Jika kamu ingin membeli, carilah kode angka 5 di wadah makanan atau wadah botol minum. Sebaiknya kamu cari kode angka 5. Di antara semua plastik, bahan inilah yang paling aman saat ini.

PS (Polystyrene)

Lalu, logo daur ulang yang keenam adalah PS atau Polystyrene. Bahan polystyrene ini hanya digunakan sebagai wadah makanan sekali pakai. Atau mungkin kamu mengenalnya dengan istilah styrofoam. Jadi, bahan-bahan seperti ini sebaiknya digunakan hanya sekali pakai. Kenapa? Karena polystyrene dapat mengeluarkan senyawa kimia styrene yang dapat bercampur ke dalam makanan jika bersentuhan. Bahan yang berlogo angka 6 ini sebenarnya adalah bahan yang sulit didaur ulang. Dan dapat berbahaya bagi kesehatan otak, berbahaya bagi sistem reproduksi, dan sebagainya. Bahan ini sebenarnya bisa didaur ulang, tetapi membutuhkan jangka waktu yang sangat panjang.

Other (lainnya)

Kemudian logo yang terakhir adalah logo nomor 7, yang kita sebut dengan other. Artinya adalah ‘lainnya’. Other sendiri punya 4 jenis plastik daur ulang. Jenis plastik yang pertama adalah PC atau Polycarbonate. Kemudian yang kedua adalah SAN (Styrene Acrylonitrile). kamu bisa melihat tulisannya disini. Kemudian yang ketiga adalah ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene). Penyebutannya agak susah ya.. Kemudian yang keempat adalah Nylon. Saya akan membahasnya. Other ditemukan pada tempat makanan dan minuman, suku cadang mobil, lalu pada mainan anak-anak, botol susu bayi, dan sebagainya. Untuk jenis PC, sangat tidak dianjurkan atau tidak boleh digunakan sebagai wadah makanan atau botol minuman. Apalagi, sekarang banyak mereka yang mencuci botol bayi, kemudian disterilkan. Mereka memanaskannya di microwave atau direbus dahulu. Sebenarnya hal ini tidak baik untuk plastik jenis PC.

Sedangkan SAN dan ABS merupakan salah satu ahan plastik yang sangat baik untuk digunakan sebagai kemasan makanan atau minuman. Karena kedua bahan ini memiliki resistance yang tinggi terhadap reaksi kimia. Biasanya, SAN terdapat pada mangkuk mixer, kemudian pembungkus termos, piring dan alat makan. Lalu, sikat gigi kita juga terbuat dari bahan SAN. Sedangkan bahan ABS, biasanya digunakan sebagai bahan mainan LEGO. kamu tahu sendiri bahwa mainan LEGO adalah mainan untuk anak-anak. Dan juga untuk bahan pembuatan pipa. Lalu, SAN dan ABS ini merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan.

7 jenis wadah plastik

Itu tadi adalah 7 jenis wadah plastik atau kode dari daur ulang plastik yang perlu kamu ketahui. Dan sampai saat ini, masih banyak perdebatan terhadap plastik, seperti : “Ini boleh dipakai, ini tidak boleh dipakai”. Ini juga masih menunggu penelitian lebih lanjut terhadap efek dan keamanan penggunaan plastik. Dan saran saya bagi kamu yang masih ragu-ragu untuk membeli ‘kode mana yang baik dari informasi yang saya berikan tadi’.

Yang baik adalah nomor 5 dan nomor 7, yaitu jenis SAN dan ABS. Menurut saya pribadi, sebaiknya bagi kamu yang ingin menyimpan makanan atau air dalam jangka panjang, sebaiknya kamu menggunakan wadah yang terbuat dari kaca. Karena menurut saya, itu lebih aman, dan kita dapat menghindari penggunaan plastik berlebihan, botol-botol kemasan, dan lain sebagainya yang sekali pakai karena juga dapat mencemari lingkungan. Dan butuh waktu lama untuk mengurainya. Selain itu, kita juga dapat menjaga lingkungan, terutama laut kita yang sudah tercemar oleh limbah plastik.

Itulah pembahasan mengenai Arti 7 KODE Dalam Kemasan Plastik yang Kamu Minum. Semoga bermanfaat ya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *