20 Tanda Peringatan Bahwa Kanker Tumbuh di Tubuh Anda

apotekr

Pada artikel kali ini Dokter ayu akan menjelaskan tentang 20 tanda peringatan bahwa kanker tumbuh di tubuh anda, Jangan hanya mengandalkan tes rutin untuk melindungi Anda dari kanker. Sama pentingnya untuk mendengarkan tubuh Anda dan memperhatikan apa pun yang berbeda, aneh, atau tidak dapat dijelaskan.

Berikut adalah beberapa tanda yang biasanya diabaikan:

1. Mengi atau sesak nafas

Salah satu tanda pertama yang diingat oleh banyak pasien kanker paru-paru adalah ketidakmampuan untuk mengatur napas.

2. Batuk kronis atau nyeri dada

Beberapa jenis kanker, termasuk leukemia dan tumor paru-paru, dapat menyebabkan gejala yang menyerupai batuk yang buruk atau bronkitis. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan nyeri dada yang memanjang hingga ke bahu atau ke bawah lengan.

Tahukah Anda bahwa sel-sel kanker berkembang dalam keasaman? Sel-sel kanker berkembang dalam lingkungan asam tetapi tidak ada lagi di lingkungan Alkaline.

3. Sering demam atau infeksi

Ini bisa menjadi tanda-tanda leukemia, kanker sel-sel darah yang dimulai di sumsum tulang. Leukemia menyebabkan sumsum menghasilkan sel darah putih abnormal, melemahkan kemampuan melawan infeksi tubuh Anda.

4. Kesulitan menelan

Kesulitan menelan paling sering dikaitkan dengan kanker kerongkongan atau tenggorokan, dan kadang-kadang juga merupakan salah satu tanda pertama kanker paru-paru.

5. Pembengkakan kelenjar getah bening atau benjolan di leher, ketiak, atau selangkangan

Pembesaran kelenjar getah bening menunjukkan perubahan dalam sistem limfatik, yang bisa menjadi tanda kanker.

6. Memar atau pendarahan yang berlebihan yang tidak berhenti

Gejala ini biasanya menunjukkan sesuatu yang abnormal terjadi dengan trombosit dan sel darah merah, yang bisa menjadi tanda leukemia. Seiring waktu, sel-sel leukemia mengeluarkan sel darah merah dan trombosit, mengganggu kemampuan darah Anda untuk membawa oksigen dan bekuan darah.

7. Kelemahan dan kelelahan

Kelelahan dan kelemahan umum adalah gejala dari begitu banyak jenis kanker yang berbeda sehingga Anda harus melihatnya dalam kombinasi dengan gejala lainnya. Tetapi setiap kali Anda merasa lelah tanpa penjelasan dan tidak merespons untuk tidur lebih banyak, bicarakan dengan dokter Anda.

8. Berat badan kembung atau perut

Wanita yang didiagnosis dengan kanker ovarium secara luar biasa melaporkan perut kembung yang tidak dapat dijelaskan yang terjadi secara tiba-tiba dan berlanjut dan mati dalam waktu yang lama.

9. Merasa kenyang dan tidak bisa makan

Ini adalah tip-off untuk kanker ovarium; wanita mengatakan mereka tidak memiliki nafsu makan dan tidak bisa makan, bahkan ketika mereka belum makan selama beberapa waktu.

10. Nyeri panggul atau perut

Nyeri dan kram di panggul dan perut bisa berjalan seiring dengan kembung yang sering menandakan kanker ovarium. Leukemia juga dapat menyebabkan sakit perut akibat pembesaran limpa.

11. Pendarahan dubur atau darah dalam tinja

Ini adalah hasil umum dari mendiagnosis kanker kolorektal. Darah di toilet saja adalah alasan untuk memanggil dokter Anda dan menjadwalkan kolonoskopi.

12. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Penurunan berat badan adalah tanda awal kanker usus besar dan kanker pencernaan lainnya; itu juga merupakan tanda kanker yang menyebar ke hati, memengaruhi nafsu makan dan kemampuan tubuh Anda untuk membersihkan diri dari limbah.

13. Sakit perut atau sakit perut

Kram perut atau perut yang sering terganggu dapat mengindikasikan kanker kolorektal.

14. Payudara merah, sakit, atau bengkak

Gejala-gejala ini dapat menunjukkan kanker payudara radang. Hubungi dokter Anda tentang perubahan apa pun yang terjadi pada payudara Anda.

15. Perubahan puting

Salah satu perubahan paling umum yang diingat wanita sebelum didiagnosis kanker payudara adalah puting susu yang mulai tampak rata, terbalik, atau berbelok ke samping.

16. Menstruasi yang menyakitkan atau perdarahan yang banyak

Banyak wanita melaporkan ini sebagai tip untuk kanker endometrium atau uterus. Mintalah USG transvaginal jika Anda mencurigai sesuatu lebih dari periode berat rutin.

17. Pembengkakan fitur wajah

Beberapa pasien dengan kanker paru-paru melaporkan bengkak, bengkak, atau kemerahan di wajah. Tumor paru-paru sel kecil biasanya menghalangi pembuluh darah di dada, mencegah darah mengalir bebas dari kepala dan wajah Anda.

18. Benjolan sakit atau kulit yang tidak sembuh, menjadi kerak, atau mudah berdarah

Biasakan diri Anda dengan berbagai jenis kanker kulit – melanoma, karsinoma sel basal, dan karsinoma sel skuamosa – dan waspada untuk memeriksa kulit di seluruh tubuh Anda untuk pertumbuhan atau bintik-bintik yang tampak aneh.

19. Perubahan pada kuku

Perubahan yang tidak dapat dijelaskan pada kuku bisa menjadi tanda beberapa jenis kanker. Garis atau titik berwarna coklat atau hitam di bawah kuku dapat mengindikasikan kanker kulit, sementara “clubbing” yang baru ditemukan – pembesaran ujung-ujung jari dengan kuku yang melengkung ke bawah ujung – dapat menjadi tanda kanker paru-paru. Kuku pucat atau putih kadang-kadang bisa menjadi tanda kanker hati.

20. Rasa sakit di punggung atau sisi kanan bawah

Banyak pasien kanker mengatakan ini adalah tanda pertama kanker hati. Kanker payudara juga sering didiagnosis melalui nyeri punggung, yang dapat terjadi ketika tumor payudara menekan ke belakang ke dada, atau ketika kanker menyebar ke tulang belakang atau tulang rusuk.

baca juga artikel tentang :Kenali Jenis Penyakit Prostat , Penyebab Dan Tanda Tanda Penyakit Prostat

Baik Anda pria atau wanita, penting untuk mengawasi setiap perubahan yang tidak biasa dalam tubuh dan tingkat energi Anda untuk mendeteksi tanda-tanda kanker sejak dini. Semakin cepat Anda melihat ada masalah, semakin cepat Anda dapat mulai mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mempromosikan penyembuhan di dalam tubuh Anda.

Tentu saja, idealnya Anda harus mengikuti gaya hidup anti-kanker bahkan sebelum Anda melihat gejala apa pun, karena pencegahan adalah rute terbaik ketika datang ke sebagian besar penyakit kronis. Sudah biasa selama 10 tahun atau lebih untuk melewati antara paparan agen penyebab kanker (tembakau, bahan kimia, radiasi, ponsel, gizi buruk, dll.) Dan kanker yang terdeteksi.Jadi selama ini Anda memiliki kesempatan untuk mengubah perkembangan penyakit.

Kanker sebenarnya adalah sekelompok penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan yang tidak terkendali dan penyebaran sel-sel abnormal. “Obatnya” terletak pada mengendalikan pertumbuhan abnormal ini dan menghentikan penyebaran.

Tubuh Anda memiliki kapasitas luar biasa untuk melakukan hal itu – untuk menyembuhkan – dan kemampuan itu sebagian besar didorong oleh gaya hidup Anda. Jika Anda makan dengan baik, berolahraga, cukup tidur dan paparan sinar matahari dan mengatasi stres emosional Anda, tubuh Anda harus dapat menjaga keseimbangan yang sehat.

Demikian penjelasan tentang 20 tanda peringatan bahwa kanker tumbuh di tubuh anda, semoga bermanfaat jangan lupa jika ada tanda tanda diatas segaralah konsultasi dengan dokter , dan seperti biasa salam sehat selalu.

Check our bestsellers!

Rp 24.500
Rp 530.000
Rp 144.000

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *