Kenali Jenis Penyakit Prostat , Penyebab Dan Tanda Tanda Penyakit Prostat

apotekr

Pada artikel kali ini Dokter Ayu akan menjelaskan tentang jenis penyakit prostat , penyebab dan tanda penyakit prostat, Kanker prostat adalah pertumbuhan sel berlebih yang tidak wajar di kelenjar prostat. Kelenjar prostat adalah salah satu bagian organ reproduksi yang dimiliki oleh pria. Organ ini berfungsi untuk memproduksi cairan untuk melindungi sperma.

Prostat terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra atau saluran kencing. Ukurannya bervariasi seiring dengan bertambahnya usia. Pada laki-laki muda, ukurannya seperti kacang kenari, tapi bisa bertambah besar ketika memasuki usia dewasa.

Umumnya, sel kanker muncul pertama kali di sel-sel bagian luar kelenjar prostat. Pertumbuhannya cenderung sangat lambat dan tidak berpotensi menyebar. Namun, pada beberapa kasus, sel kanker dapat berkembang dengan cepat dan menjalar ke bagian tubuh lain.

Apabila kanker terdeteksi sedini mungkin dan masih tergolong di stadium awal, peluang keberhasilan pengobatan akan lebih besar

Apa saja jenis-jenis kanker prostat?

Jenis-jenis kanker prostat tergantung pada tipe sel tempat awal mulanya kanker berkembang. Berikut adalah beberapa jenisnya:

1. Adenokarsinoma asinar

Adenokarsinoma asinar adalah sel kanker yang berkembang di sel-sel kelenjar yang melapisi prostat. Jenis ini adalah yang paling banyak ditemukan. Hampir semua pasien penderita penyakit ini memiliki sel kanker jenis ini.

2. Adenokarsinoma duktal

Kanker jenis adenokarsinoma duktal pertama kali muncul di sel-sel yang melapisi tabung atau saluran kelenjar prostat.Kanker jenis ini berkembang dan menyebar lebih cepat dibanding dengan adenokarsinoma asinar.

3. Sel kanker transisional (urotelial)

Sel kanker jenis ini berkembang di sel-sel yang terletak di lapisan saluran kencing atau uretra. Jenis kanker ini umumnya berawal di kandung kemih dan menyebar ke prostat. Namun, pada kasus yang jarang terjadi, sel ini kemungkinan muncul pertama kali di kelenjar prostat dan menyebar ke saluran kandung kemih serta jaringan-jaringan di sekitarnya.

4. Sel kanker skuamosa

Jenis sel kanker ini muncul dan berkembang di sel-sel pipih yang menyelimuti prostat. Pertumbuhan dan penyebarannya cenderung lebih cepat dibanding sel-sel kanker jenis adenokarsinoma.

5. Sel kanker prostat kecil

Sel kanker jenis ini berkembang di sel-sel kecil prostat. Jenis ini termasuk dalam kanker neuroendokrin.

6. Tipe lainnya

Beberapa jenis sel kanker lainnya juga dapat muncul di kelenjar prostat, yaitu:

  • Karsinoid
  • Sarkoma

Penyebab prostatitis dapat dikelompokkan berdasarkan jenisnya, yaitu:

  • Prostatitis bakteri akut, diakibatkan oleh bakteri E. coli dan Pseudomonas.
  • Prostatitis bakteri kronis, disebabkan oleh penyebaran bakteri dari saluran kemih atau infeksi saluran kemih (ISK).
  • Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS), yang belum diketahui secara pasti penyebabnya.
  • Asymptomatic inflammatory prostatitis, yaitu kondisi di mana kelenjar prostat mengalami peradangan, namun tidak menimbulkan gejala apa pun.

Gejala prostatitis dapat bervariasi tergantung dari faktor pemicunya, di antaranya:

1. Ada sensasi nyeri atau perih ketika buang air kecil.
2. Terdapat darah saat buang air kecil.
3. Kesulitan untuk buang air kecil.
4. Seringnya buang air kecil, terutama pada malam hari.
5. Aliran urine yang lemah.
6. Rasa sakit ketika ejakulasi.
7. Air mani berdarah.
8. Disfungsi seksual atau kehilangan libido.

baca juga artikel tentang : berbagai gemaal anemia yang harus anda waspadai

Prostatitis dapat diobati dengan pemberian obat-obatan seperti antibiotik untuk membasmi kuman penyebab radang pada prostat, pemberian obat antinyeri, dan obat untuk melemaskan otot kandung kemih (alpha blockers) yang juga digunakan untuk mengobati BPH.

Selain mengonsumsi obat, penderita prostatitis disarankan melakukan hal-hal yang membantu meredakan gejala prostatitis, seperti berendam air panas, membatasi konsumsi minuman beralkohol dan rokok, menghindari minuman berkafein, dan menghindari aktivitas yang membuat prostat menjadi iritasi, seperti bersepeda dan duduk terlalu lama.

Pengobatan kanker tergantung dari derajat pertumbuhan kanker dan kondisi kesehatan Anda. Secara umum penanganan kanker prostat bisa dengan terapi radiasi, terapi hormon, kemoterapi, dan pembedahan untuk mengangkat kelenjar prostat.

Apabila kanker prostat terdeteksi sedini mungkin pada stadium awal, keberhasilan untuk penyembuhan kanker akan semakin besar. Karena itu, penting melakukan pemeriksaan sesuai anjuran dokter, jika terdapat faktor risiko atau gejala.

Jaga kesehatan prostat Anda dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur, pilih makanan yang kaya vitamin dan mineral, rutin berolahraga, dan mempertahankan berat badan ideal. Jika terdapat keluhan terkait gangguan prostat, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat dan seperti biasa salam sehat selalu .

Check our bestsellers!

Penyakit Dalam & Sirkulasi Darah

PROSTAKUR

Rp 86.250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *